Jumat, 21 Februari 2014

Cerita Album The Beatles Please Please Me

PLEASE PLEASE ME   1963



Album Pertama The Beatles : Please Please Me . Di buka dengan lagu riang I Saw Her Standing There, secara resmi, inilah album pertama The Beatles yang di rekam di studio Abbey Road, dari pukul 10 pagi hingga jam 11 malam pada tanggal 11 Februari 1963. Album ini direkam produser George Martin total hanya dalam waktu 1 hari saja. Terdapat 14 materi lagu di dalamnya, semuanya sangat enak untuk di dengarkan tidak ada yang nyakitin kuping. Diantara 14 lagu tersebut hingga kini masih sangat nyaman dan semakin nyaman untuk kita dengarkan. Dari sisi materi terhitung sangat lengkap dan kaya warna.Please Please Me adalah sebuah album The Beatles dimana pada title credit masih menampilkan McCartney-Lennon, hingga pada album-album selanjutnya title credit berubah menjadi Lennon-McCartney.
Album ini cikal bakal perseteruan Kreatifitas dengan saingan utaman The Beatles yaitu The Rolling Stones, dalam hal ini The Beatles unggul karena berhasil menelurkan Album terlebih dahulu ketimbang The Rolling Stones,.. itu yang membuat The Stones sedikit Kecewa karena “Keduluan” Rival nya. (Rumour).
The Rolling Stones salah satu Band Saingan The Beatles 

Sejumlah 8 (delapan) Materi lagu merupakan karya McCartney-Lennon, sedangkan 6 lagu lainnya merupakan karya orang lain, ada nama Alexander pada lagu Anna (Go To Him), Goffin-King pada lagu Chains, Dixon-Farel pada lagu Boys, David-Williams-Bacharach pada lagu Baby Its You, Scott-Marlow pada A Taste Of Honeydan Medley-Russel pada Twist And Shout.
Sessions Pembuatan Album Please Please Me

Ini adalah album pertama The Beatles yang memuat 2 buah pasang single pertama mereka yaitu Love Me Do/P.S I love You dan Please Please Me/Ask Me Why. Pada kenyataannya materi lagu penting di album ini dalam arti yang menjadi hits dan terkenal adalah lagu Twist And Shout yang sebenarnya sudah saya tulis diatas bukanlah karya Lennon-McCartney.

The Beatles dalam Bimbingan George Martin 
Album Please Please Me adalah album yang paling cepat dikerjakan oleh The Beatles, yaitu hanya dalam satu hari di hari Rabu, 11 Februari 1963 di studio Abbey Road London. Lagu-lagu dalam album ini adalah repertoar lagu yang sering mereka nyanyikan di konser-konser mereka di Cavern Club, Liverpool. Lagu 'Twist and Shout', yang direkam terakhir kali, hanya direkam dua kali, dengan memakai versi pertamanya, karena Lennon, sang vokalis, flu.Maka lagu itu akhirnya di bawakan oleh Mc.cartney.


Side 1
1.    I Saw Her Standing There
2.    Misery
3.    Anna (Go to Him) - Arthur Alexander
4.    Chains - Gerry Goffin / Carole King
5.    Boys - Luther Dixon / Wes Farrell
6.    Ask Me Why
7.    Please Please Me

Side 2
1.    Love Me Do
2.    P.S. I Love You
3.    Baby It's You - Mack David / Barney Williams / Burt Bacharach
4.    Do You Want to Know a Secret
5.    A Taste of Honey - Bobby Scott / Rick Marlow)
6.    There's a Place
7.    Twist and Shout - Bert Russell / Phil Medley

Dari kiri (Paul, Ringo, John) 
"Please Please Me" adalah single kedua yang dirilis oleh The Beatles di Inggris, dan yang pertama yang diterbitkan di Amerika Serikat. Ini juga merupakan judul lagu LP pertama mereka, yang tercatat sangat sukses. Single ini merupakan asli gubahan John Lennon meskipun komposisinya sangat dipengaruhi oleh George Martin.
George Martin sedang membahas konsep Album
Pada tanggal 22 Februari 1963, lagu ini mencapai nomor satu di chart single yang disusun oleh New Musical Express (grafik paling diakui pada saat itu) dan Melody Maker, namun hanya mencapai nomor dua di tanggal lagu Record Retailer, kemudian berubah menjadiUK Singles Chart dan ini merupakan hari yang sangat diperhatikan.
Awalnya single ini dirilis bersama dengan "Ask Me Why" di sisi B, dan gagal di Amerika Serikat, tapi ketika kembali dirilis di sana pada 3 Januari 1964 (bersamaan dengan "From Me to You" di sisi B), single ini mencapai nomor tiga dalam US Hot 100.

 The Beatles telah mencapai sukses debut "Love Me Do", tetapi di luar Liverpool danHamburg mereka masih belum tidak dikenal. Kemudian The Beatles bertekad untuk mulai apa yang telah dicapai di Hamburg untuk memasuki tangga lagu di Inggris. Meskipun demikian, produsen mereka, George Martin, merasa itu adalah awal yang menjanjikan dan memutuskan untuk maju dengan sebuah single kedua. Please Please Me memiliki sejarah yang beragam. George Martin telah menyatakan bahwa versi asli dari lagu ini adalah " agak membosankan", terlalu lambat dan akibatnya memiliki sedikit prospek menjadi hit besar.
Awalnya, lagu Please Please Me ini digubah oleh John Lennon dengan nuansa blues dan bertempo lambat.
Majalah Rolling Stone merangking lagu ini di urutan 184 pada daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa.
Lagu"Please Please Me" terpilih menjadi penampilan pertama The Beatles secara nasional di UK TV pada acara Thank Your Lucky Stars pada tanggal 19 Januari 1963.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar