Senin, 25 Maret 2013

AER (1937 – 1940)








AER adalah produsen sepeda motor di Inggris.   Nama itu diambil dari inisial pendirinya, Albert E. Reynolds.  Perusahaan AE Reynolds Ltd berbasis di Liverpool dan menghentikan produksi sepeda motor saat pecah Perang Dunia Kedua.
Didirikan pada tahun 1937 oleh Albert E. Reynolds, AER awalnya adalah sebuah dealer sepeda motor merk Scott yang kemudian mulai memproduksi sepeda motor berkualitas tinggi hasil desain sendiri.  Reynolds sangat berpengaruh dalam pengembangan sejumlah Scott “de-luxe” yang khusus dibangun antara tahun 1931 hingga 1934.   Ia kecewa bahwa Scott triple gagal dikembangkan dan bahwa Scotts tidak tertarik terhadap idenya tentang serangkaian sepeda motor bermesin 125cc.  Ia kemudian memisahkan diri menjadi produsen independen.
Motor AER pertama adalah unit-konstruksi mesin Scott twin-silinder yang diberi nama Reynolds Special.   Motor tersebut bermesin 2 tak dengan kapasitas 340cc twin-silinder berpendingin udara dengan mesin paduan dan silinder liners yang di-press.  Kepala dan blok menjadi satu dan bak mesinnya dibuat dari empat cetakan dengan saluran udara untuk mendinginkan antara silinder.  Model ini diluncurkan pada tahun 1938 dan menampilkan pengapian oleh dinamo roda gila dan dinamo di depan bak mesin.  Harga untuk membeli sebuah motor AER pada tahun 1938 adalah sebesar £ 45.
Pada tahun 1939 Reynolds mengembangkan sepeda motor 249cc dan 350cc dengan mesin Villiers.  Majalah Sepeda Motor menguji AER 250cc untuk edisi 30 November 1939 dan melaporkan bahwa “Pesonanya terletak pada kemudi yang bagus dan penguasaan jalanan yang memberikan rasa percaya diri yang tinggi pada jalan licin dan bisa membelok dengan cepat”.  Sebuah AER 250cc dapat dilihat di Museum Liverpool.  Produksi berakhir dengan pecahnya Perang Dunia Kedua.  Setelah perang, Reynolds kembali pada penjualan dan servis sepeda motor..
Sepeda Motor AER
Tipe                         Industri Motor Swasta
Nasib                       Berhenti produksi
Didirikan                  1937
Bubar                      1940
Pendiri                     Albert E. Reynolds
Markas                    Liverpool, United Kingdom
Tokoh Penting         Albert E. Reynolds
Produk                     Sepeda Motor
Sumber :

1 komentar: