Selasa, 26 Maret 2013

Norton Villiers (1966 – 1973)





Norton adalah merk sepeda motor Inggris yang cukup terkenal.  Pada awalnya, James Lansdowne Norton mendirikan perusahaan Norton Manufacturing Co. pada tahun 1898 yang memproduksi rantai dan spare parts sepeda motor.  Sepeda motor Norton pertama dibuat pada tahun 1902 saat mereka meletakkan mesin Clement dari Prancis kedalam rangka motor yang didesain sendiri.
Meskipun James Norton sendiri meninggal pada tahun 1925, sepeda motornya yang bermesin tunggal kapasitas 350 cc dan 500 cc memenangkan banyak pertandingan pada beberapa balapan tahun 20an dan 30an.  Sepeda motor Norton berhasil mencapai puncaknya pada tahun 40an dengan membangun mesin Dominator Twin 500 cc.
Pada tahun 1966, asosiasi AMC bangkrut dan diambil alih oleh Manganese Bronze Holdings yang membentuk pasar Norton-Villiers untuk dijual di luar negeri.  Pada saat itu Norton hanya merupakan merk sepeda motor di perusahaan itu yang menghasilkan uang.  AJS dan Matchless tradisional bermesin silinder tunggal empat langkah telah selesai ceritanya.   Kedua model tersebut dikombinasikan menjadi satu pada tahun 1969.   Pada tahun 1968 semua model telah menggunakan karburator, sistem pengapian, dan kunci pengapian model baru.  G15CS/N15CS/M33CS telah meningkatkan spare parts motor tahun 1968 – 1969.
Seri P11 adalah perkembangan yang sepenuhnya baru untuk tahun 1967 dan dikembangkan lebih lanjut untuk 1968-69.  P11 tersedia baik sebagai Norton atau Matchless.
Norton-Villiers mengembangkan mesin baru dengan biaya yang cukup mahal, tetapi getaran mesin twin  750 cc vertikal masih terasa oleh pengendara melalui frame dari Norton Atlas.
Norton Commando bingkai Isolastic dikembangkan sekitar tahun 1967 dalam motor show bertajuk Earls Court Show dan diproduksi pertama kali pada bulan April 1968.  Norton ini segera muncul di dunia balap dan cukup mendapat hati penggemar balap dengan bentuk dan warnanya yang menawan.
Commando 1969 S diperkenalkan dengan knalpot yang dipasang tinggi di sisi kiri dan tanki bensin berkapasitas 11 liter.  Model tersebut kemudian disebut sebagai Fastback Commando.Pada pertengahan tahun1972, grup perusahaan BSA berada dalam kesulitan keuangan yang serius akibat kegiatan-kegiatan motor BSA dan Triumph yang sangat menyedot finansial.  Pemerintah Inggris tidak ingin merk motor kebanggaan negara tersebut runtuh sehingga kemudian menawarkan paket penyelamatan keuangan dengan cara menggabungkan dua kelompok perusahaan sehingga lahirlah Norton-Villiers-Triumph.
Sumber :
http://en. wikipedia.org/wiki/Norton-Villiers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar