Selasa, 26 Maret 2013

Arti Patch dalam anak-anak Motor


Patch : Merupakan sebuah bentuk identitas dalam kultur biker di Amerika. Biasanya terbuat dari kain yang di bordir. Biker di Indonesia biasa menyebutnya dengan istilah bordiran atau emblem.
Colors : Istilah lain untuk menyebut lambang atau simbol klub.
*.F.F.*.: (Forever Forever ) Sebuah akronim yang biasa digunakan untuk menunjukan propaganda loyalitas terhadap sebuah klub. Contohnya seperti Hells Angels yang menggunakan istilah ini dengan sebutan AFFA (Angels Forever Forever Angels) dan Bandidos (Bandidos Forever Forever Bandidos), dsb. Untuk di Indonesia term ini mulai familiar terdengar dalam kultur bikers tanah air. Contohnya
Bikers Brotherhood MC (BFFB – Brotherhood Forever Forever Brotherhood),Outsiders MMC (OFFO – Outsiders Forever Forever Outsiders) , dsb.
1%: Menurut kultur asalnya di Amerika, patch 1% (Disebut juga 1%er atau one-percenter) ini digunakan oleh setiap biker yang menyatakan dirinya sebagai seorang “outlaw” dan dimaknai sebagai sebuah simbol pernyataan dan perlawanan terhadapstatement American Motorcycle Association (AMA). Sebagaimana pernyataan AMA (semacam IMI-nya di Amerika) bahwa 99% para pengendara motor disana adalah mereka yang taat pada hukum. Namun makna dari 1% ini mungkinsaja dimaknai berbeda oleh suatu klub dimana biasanya hanya diketahui oleh anggota dari klub tersebut.
13: Simbol ini menunjukan bahwa mereka yang menggunakan patch tersebut adalah para pengguna obat-obatan terlarang atau narkotika. Huruf M merupakan istilah dari marijuana atau motorcycle sekaligus huruf ke-13 dalam abjad. Sehingga sering di asumsikan bahwa mereka yang menggunakan patch ini adalah para pemakai ganja dan menggunakan angka ke-13 ini sebagai simbolnya. Marijuana = M = 13.
Ace Of Spades: Simbol sekop dalam kartu remi. Secara umum biker yang memasang patch ini diartikan sebagai seseorang yang akan mempertahankan dan mempertaruhkan dirinya sendiri sampai titik darah penghabisan. Sebagian ada pula yang menyertakan simbol tengkorak atau kata-kata “Bringer Of Death” (Pembawa Kematian).
Bad Influence: Mengindikasikan bahwa pemakai patch ini adalah seseorang yang beringas.
Charity Run Pins: Pin atau lencana yang diberikan karena telah menghadiri sebuah acara amal yang diselenggarakan klub.
G.F.O.D.: “God Forgives Outlaws Don’t”
I.T.C.O.B.: “I Took Care Of Business”, term ini biasanya digunakan oleh anggota yang telah melakukan aksi pembunuhan demi kepentingan klubnya.
Less than 1%er: Sebuah plesetan yang digunakan para anggota Indios MC yang menyatakan bahwa populasi Indian di Amerika kurang dari 1%.
MC: Kepanjangan dari Motorcycle Club, biasanya di pasang pada bagian belakang rompi bersama dengan colors. 
Road Names: Nama jalanan yang didapat atau diberikan oleh rekan se-angkatan ataupun seniornya di klub. Skull & Crossbones: Menyatakan bahwa penggunanya merupakan seorang yang akan menempuh segala cara untuk membela dirinya sendiri, atau rekan-rekan di klubnya meskipun harus berakhir dengan adanya kematian.
Beberapa term di atas hanya sebagian dari berbagai term yang ada dan terus berkembang dalam kultur MC di Amerika. Semoga bisa memperkaya khazanah pengetahuan kita tentang sebuah sub-kultur di masyarakatSehingga nantinya tidak menjadi salah kaprah apalagi sekedar ikut-ikutan ketika mengaplikasikan sebuah kultur tertentu. Bagaimanapun caranya sesuatu itu harus kita kenal mulai dari root-nya. Agar tidak menjadi salah paham di kemudian hari.
sumber : britis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar