Selasa, 26 Maret 2013

BROTHERHOOD


Terlalu awam aku ngomongin Brotherhood ini, karena sampai saat ini aku belum punya kesempatan untuk bergabung dengan Dulur-dulur di Brotherhood, mudah-mudahan sebentar lagi aku akan menyusul ke Braga bermodalkan Tekad & kecintaan saya terhadap Persaudaraan , ak bangga di kota ku saksi sejarah terbentuknya Brotherhood.
Kata Orang Terbentuknya club motor ini terjadi dipenghujung dekade 1980-an.
Tiga tahun pertama sejak dicetuskan sebagai sebuah kumpulan, komunitas ini mirip sebuah gerombolan yang tidak memiliki visi serta tujuan yang jelas. Namun mereka memiliki titik-titik sakral yang dianggap strategis sebagai tempat berkumpul pada setiap akhir pekan, diantaranya adalah kawasan pelataran parkir Panti Karya, Jalan Merdeka Bandung, atau tempat tinggal salah satu anggota kumpulan, Bebeng dan Bobby dibilangan Jalan Tubagus Ismail Bandung.


Sesekali, mereka juga terlihat kumpul dan kongkow di Seni Rupa ITB, karena beberapa anggota kelompok tersebut kuliah disana. Akhirnya, karena belum memiliki identitas jelas, kelompok ini disebut ‘Barudak Motor Inggris’ atau D Motor, dengan logo bayi atau malaikat kecil bersayap yang mengenakan helm kulit dan google serta ngeukeupan atau mendekap kunci Inggris.
Anggota kelompok makin bertambah, perlu tempat baru untuk berkumpul. Jadilah rumah Erwin di Jalan Diponegoro No.1 sebagai markas. Konon dari tempat tersebut muncul gagasan yang kelak tercatat dalam sejarah dan menjadi cikal bakal Bikers Brotherhood MC. Pada perkembangannya, mereka yang berkumpul disana disebut sebagai generasi perintis alias SS Diponegoro.
Awalnya dalam kelompok ini tidak dikenal seorang pemimpin atau bahkan aturan baku layaknya sebuah organisasi yang memiliki AD/ART. Namun dari dinamika yang berkembang, kini putaran roda organisasi dikuasakan pada satu figur se-level ketua yang disebut sebagai El Presidente. Sepanjang sejarah berdirinya klub fenomenal ini, tercatat beberapa orang El Presidente pernah memegang tongkat komando.
Masing-masing mereka adalah Lucky ‘Uci’ Hendrawan, Benny ‘Bebeng’ Gumilar, Yusuf ‘Papeuh’ Sugandi, Tegep Octaviansyah, Enggar ‘Eeng’ Santosa dan R. Oetomo Hermawan. Bahkan pada kepengurusan itu, seorang El Presidente didampingi oleh External Captain (Budi Dalton) dan Internal Captain (Ayi Tatto), Agung Gonzales, dan sekarang tongkat ketua di pegang oleh El Presidente Budi Dalton.
Bikers Brotherhood dengan jumlah anggota dan tingkat selera bermotornya yang luar biasa, kini memiliki 5 chapter, yaitu East Java, Sragen, Bali, Lombok dan Bandung sebagai Mother Chapter. Kini tengah dijajagi untuk membentuk Chapter di DKI Jakarta. Starata keanggotaan disusun berdasarkan hierarki tertentu.
Dengan terbentuknya jajaran generasi Hell, dalam usia yang telah menginjak tahun ke-20, Bikers Brotherhood telah melengkapi diri dengan berbagai tingkatan generasi serta klasifikasi anggota, mulai dari Members of Bikers Brotherhood Heaven, Angel, Life Member, Honorary member, Virgin dan Prospect.
Klub motor ini juga memiliki Vigilante, barisan tatib bernyali besar dan cukup profesional dalam menjalankan tugasnya, terutama untuk menertibkan intern anggotanya atau saat ada gangguan dari luar. Namun kekuasaan tertinggi ada pada Chamber of Tribe alias musyawarah yang dihasilkan dari lebih 70 persen anggota dan pendiri BB.
Satu yang tak pernah berubah dari kelompok ini, adalah rasa persaudaraan dan kebersamaan serta saling menghargai sesama anggota.

Banyak yang beranggapan bahwa menjadi seorang Bikers Brotherhood MC itu mudah, anggapan tersebut seratus persen salah dan akan menjadi mentah ketika kita coba memahaminya hingga relung pemikiran dan perenungan yang terdalam. Hal ini terjadi bukan hanya pada pemahaman masyarakat umum saja bahkan beberapa orang yang sudah menjadi anggota sekalipun masih ‘dibingungkan’ oleh istilah brotherhood. Yang dalam bahasa Indonesianya berarti “persaudaraan”. Oleh sebab itu melalui tulisan ini kami dari Dewan Adat Bikers Brotherhood MC (BBMC) mencoba untuk memaparkannya.
Kata “Bikers” (pengendara) untuk sementara kita kesampingkan terlebih dahulu, sebab semua orang akan dengan mudah mengatakan bahwa dirinya seorang bikers. Asal punya kendaraan dan berkendaraan maka jadilah ia seorang bikers, namun tidak demikian dengan kata “Brotherhood”. Tidak semua orang mampu memahaminya, terlebih lagi untuk mempraktekannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Persaudaraan merupakan suatu sifat khas yang muncul di dalam lingkungan tertentu, bisa dalam wujud keluarga yang terikat oleh hubungan darah ataupun kelompok sosial yang lebih luas semisal organisasi yang mempunyai visi dan misi tertentu. Keterikatan atas adanya tujuan yang sama inilah istilah persaudaraan (brotherhood) ini terlahir dan saat ini lebih dikenal dengan sebutan Bikers Brotherhood MC.
Dalam kaca mata Bikers Brotherhood MC rasa persaudaraan menjadi titik tolak dan tolok ukur kualitas manusia, siapapun orangnya. Maka dari itu bagi setiap anggota keluarga BBMC diperlukan kesungguhan untuk membuktikan bahwa dirinya memiliki rasa persaudaraan, sebab rasa tersebut menjadi bukti atas kualitas dirinya sebagai manusia. Tidak hanya sebagai mahluk manusia biasa tetapi hingga mencapai derajat “manusia unggul paripurna”. Namun demikian pada saat ini tentu saja baru dalam tataran konsep keluarga (organisasi) yang cenderung bersifat uji-coba namun bukan berarti tanpa kesungguhan. 
by L. Hendrawan

CARA MASUK MEMBER : 

Caranya adalah anda harus mau bergabung dan berkenalan dengan para members BBMC. Mempunyai "Motor Tua" (Antique, Vintage, Classic, Old School, Chopper, Bobber, Scrambler, Custom, original, motor antik warisan/simpanan dan sebagainya) buatan Eropa dan Amerika. Harus mempunyai "Sponsor" dari Life Members BBMC. dan mau menjadi "Prospect" yang lamanya tidak ditentukan, Tergantung dari Loyalitas dan Support.

atau menjadi Honorary Members: Donatur atau Sponsor tetap Perseorangan yang berjasa bagi Kegiatan Bikers Brotherhood MC. Indonesia dan diangkat menjadi anggota Kehormatan.

 BIKERS BROTHERHOOD pun sudah diakui oleh club" motor internasionalgan..
Salah satu contohnya HELLS ANGEL, BANDIDOS, n masih banyak lagi gan..
Berikut saya lampirkan foto" para anggota BIKERS BROTHERHOOD pas lagi bareng anggota club motor dari luar negeri dan foto" anggota BIKERS BROTHERHOOD lain nya... 

*sumber bikersbrotherhoodmcc

3 komentar: